loading

Langkah Awal Jika Mobil Terkena Banjir

Awal tahun baru 2020, sejumlah wilayah di Jabodetabek mengalami banjir yang lumayan parah. Curah hujan yang tinggi menjadi penyebab utama banjir . Selain menggenangi rumah, banjir juga merendam mobil-mobil. Jika kamu menjadi salah satu orang yang mobilnya terkena banjir.Dikutip dari laman carmudi.co,id ada beberapa bagian yang harus di cek jika terkena banjir.

Jangan Menyalakan Mesin

Usahakan untuk diingat-ingat agar tidak menyalakan mesin. Wah, kalau kamu sampai menyalakan mesin setelah mobil terendam banjir tandanya kamu benar-benar merusak. Jika tetap memaksa untuk menyalakan mobil, maka potensi kerusakan arus pendek atau korslet akan semakin besar.

Periksa Seluruh Bagian Mobil

Setelah terendam banjir, usahakan cek dengan mengelilingi seluruh bagian mobil. Periksa apakah ada bagian yang hilang atau rusak. Jika kondisi bodi, ban dan aksesoris tidak ada yang hilang, kamu bisa merasa sedikit lega. Memeriksa secara menyeluruh bisa menjadi langkah awal penyelamatan mobil kamu.

Cek Bagian ECU

Electronic control unit (ECU) merupakan otak dari sebuah mobil. Jika mobil sudah terendam, maka bagian yang pertama kali wajib kamu periksa adalah ECU ini. Jika ECU basah dan tertutup oleh lumpur, usahakan panggil mobil derek atau towing untuk membawanya ke bengkel. Sekadar mengeringkan rasanya tidak apa-apa, tetapi jangan pernah di-starter ya! Karena komponen dalam ECU bisa terbakar.

Cek Bagian Dalam

Jika banjir tidak terlalu tinggi, mungkin hal ini tidak perlu dilakukan. Namun jika banjir merendam seluruh bodi mobil hingga atap, kamu wajib memeriksa bagian dalam mobil. Cek seluruh bagian dalam mobil. Jika air sudah masuk dan merendam, lepaskan seluruh komponen seperti jok, sabuk pengaman dan karpet agar mudah mengeringkan sisa-sisa banjir.

Cek Bagian Alternator

Bagian yang tak kalah penting untuk dicek adalah alternator. Alternator memiliki posisi di bawah, sehingga paling mudah terkena air. Jika bisa melepas alternator sendiri, akan lebih baik jika dikeringkan terlebih dahulu. Jangan lupa gunakan angin dengan kompresor bertekanan tinggi untuk meniup sisa air.

Cek Bagian Saluran Udara dan Filter

Kalau mobilmu terendam hingga menutupi kap mesin, sudah pasti bagian mesin akan terendam sempurna. Cek bagian filter udara, bersihkan filter dari air. Kamu juga harus memeriksa saluran udara yang masuk ke intake manifold. Buka bagian filter, jika basah lebih baik dibuang saja dan diganti dengan yang baru. Air yang terhisap ke dalam ruang bakar bisa menyebabkan kerusakan di bagian dalam mesin.

 

tipsTutorial

berita toyotaCari Mobil baru depokcari mobil baru di depokcari mobil depokcari mobil di depokcari mobil toyota depokcari mobil toyota depok margondaCari mobil toyota di depokcari mobil toyota di depok margondadealer mobil margondadealer mobil toyotaDealer Mobil Toyota depokdealer mobil toyota depok margondaDealer mobil toyota di depokdealer mobil toyota margonda depokdealer toyota depok di margondadealer toyota depok margondadealer toyota di depok margondadealer toyota margondadealer toyota margonda depokmobil baru depokmobil baru di depokMobil toyota depok margondamobil toyota di depok margondapromo mobil toyota di margondapromo mobil toyota margondaPromo Toyota depokpromo toyota depok margondapromo toyota di depokpromo toyota di margondaPromo Toyota margondasejarah toyotatips perawatan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *