loading

Tips Merawat Mobil agar Tetap Awet

setiap pemilik mobil pasti ingin memiliki mobil yang awet dan tidak rusak, oleh karena itu kita sebagai pemilik harus memberikan perawatan untuk setiap mobil agar tidak gampang rusak. Ada beberapa tips untuk merawat mobil agar tidak cepat rusak atau awet.

Periksa Kopling dan Rem

Disarankan saat memasuki 10.000 dan 50.000 km periksalah kendaraan. Perhatikan ampas kopling yang sudah mulai aus, hal itu akan membuat perpindahan gigi terasa berat. Kemudian rutin cek kondisi rem. Mengganti minyak rem sebaiknya setiap 20.000 km.

Cek Oli

Umumnya dalam petunjuk buku manual, cek oli dianjurkan setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali. Namun sebaiknya bagi penggunaan mobil yang dalam kesehariannya menghadapi kemacetan, mengganti oli dilakukan setiap 5.000 km.

Selain itu, apabila mesin mobil terasa kasar dan warna oli sudah menghitam dan encer, itu tandanya untuk ganti oli.

Cek Ban dan Tekanan

Meskipun sepele, tekanan ban sangatlah penting untuk keselamatan. Minimal sebulan sekali dan sebelum melakukan perjalanan jauh.

Perhatikan juga kondisi bannya, sehingga bila terlihat sesuatu yang aneh ataupun rusak sebaiknya segera diganti.

Ganti Air Radiator

Penggantian air radiator yang tepat dan tidak asal-asalan, menjadi hal yang mesti diperhatikan dalam perawatan mobil. Hal ini agar menunjang performa mobil.

Cek Aki

Tips merawat mobil berikutnya yakni pastikan air aki pada level yang seharusnya, yakni di antara garis batas penanda. Atau mengukur tegangan aki menggunakan voltmeter.

Rutin Periksa Kabel dan Lampu

Demi kenyamanan dan tidak bermasalah saat di jalan, rutinlah memeriksa kondisi kabel dan lampu. Apakah ada kabel yang kendur, bahkan putus, dan lampu yang mulai redup. Bila menemukan kerusakan dan terpaksa ganti, gunakanlah spare part yang direkomendasikan pabrik.

Gunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Terakhir, tips merawat mobil agar performa mesin yang lebih baik yakni menggunakan bahan bakar yang beroktan tinggi atau sesuai anjuran pabrik. Pemakaian bahan bakar yang kotor dapat memengaruhi kinerja mesin mobil. Usahakan pengisian bahan bakar pada tempat yang resmi.

tips

berita toyotaCari Mobil baru depokcari mobil baru di depokcari mobil depokcari mobil di depokcari mobil toyota depokcari mobil toyota depok margondaCari mobil toyota di depokcari mobil toyota di depok margondadealer mobil margondadealer mobil toyotaDealer Mobil Toyota depokdealer mobil toyota depok margondaDealer mobil toyota di depokdealer mobil toyota margonda depokdealer toyota depok di margondadealer toyota depok margondadealer toyota di depok margondadealer toyota margondadealer toyota margonda depokmobil baru depokMobil toyota depok margondamobil toyota di depok margondapromo mobil toyota di margondapromo mobil toyota margondaPromo Toyota depokpromo toyota depok margondapromo toyota di depokpromo toyota di margondaPromo Toyota margondasejarah toyotatips perawatan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *